Peringatan Hardiknas 2024, Dikbud Bombana Targetkan Program Merdeka Belajar Terimplementasi Dengan Baik

BOMBANANEWS.COM- Tepatnya, Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Peringatan ini memperingati lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang diakui sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Hari Pendidikan Nasional menjadi momentum untuk mengapresiasi peran penting pendidikan dalam pembangunan bangsa. Di hari ini, 2 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten Bombana tidak luput untuk memperingatinya dengan apel akbat peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan mengenakan pakaian adat daerah di Bombana.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Andi Muh. Arsyad mengatakan Hari Pendidikan Nasional merupakan waktu untuk merefleksikan capaian dan tantangan dalam dunia pendidikan serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah dan Indonesia secara umum.

Seperti Temanya, Peringatan Hardiknas tahun ini (2024) yakni “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” Arsyad optimis di Kabupaten Bombana implementasi program merdeka belajar dapat berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya
Klik Pada Gambar Untuk Mengakses Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2024 Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana.https://bombananews.com/pengumuman-pelaksanaan-pendaftaran-cpns-tahun-2024-di-lingkup-pemerintah-kabupaten-bombana/

Untuk diketahui, Program Merdeka Belajar merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada siswa dalam memilih jalur pendidikan serta mengembangkan potensi mereka sesuai minat, bakat, dan kebutuhan individual. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan berorientasi pada hasil. Yakni :

Kurikulum yang fleksibel dan Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai minat dan bakat mereka. Kurikulum ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan global, serta mengakomodasi perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja.

Peningkatan Kualitas Pendidikan, Meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik melalui berbagai pelatihan dan pengembangan profesional.

Pemberdayaan Sekolah. Merdeka belajar Memberikan otonomi kepada sekolah dalam mengelola sumber daya dan program pendidikan mereka sesuai dengan kebutuhan lokal dan karakteristik siswa. pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian siswa melalui program-program ekstrakurikuler dan kegiatan pembelajaran yang holistik.

“Pada momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, Program Merdeka Belajar diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa. Hal ini juga sejalan dengan semangat kemerdekaan dalam belajar dan mengembangkan potensi sesuai dengan visi pendidikan Indonesia yang lebih inklusif dan berdaya saing,” Pungkasnya.

Pos terkait