Rumah Sakit di Pulau Kabaena Mulai Dibangun

BOMBANANEWS.COM – Pembangunan gedung Rumah Sakit (RS) Pratama tipe D di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, resmi dimulai. Proyek ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto, pada Sabtu (8/6/2024). Rumah sakit ini dibangun di area Puskesmas Kecamatan Kabaena Barat.

Pembangunan RS Pratama ini akan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap awal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk tahun 2024. Selanjutnya, Pemkab akan kembali menganggarkan dana untuk pembangunan tahap berikutnya pada tahun mendatang.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto, menyatakan bahwa pembangunan RS ini adalah respons terhadap keluhan masyarakat Kabaena tentang sulitnya akses layanan kesehatan, terutama bagi pasien darurat yang harus menyeberangi laut untuk mendapatkan penanganan medis.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata. Kehadiran RS Pratama di Kepulauan Kabaena adalah langkah strategis untuk mengatasi tantangan yang dihadapi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Edy.

Bacaan Lainnya
Klik Pada Gambar Untuk Mengakses Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2024 Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana.https://bombananews.com/pengumuman-pelaksanaan-pendaftaran-cpns-tahun-2024-di-lingkup-pemerintah-kabupaten-bombana/

Ia mengungkapkan, sepanjang tahun 2023, terdapat 439 kasus rujukan dari Pulau Kabaena ke RSUD Kabupaten, termasuk 283 kasus rawat inap dari enam kecamatan di Pulau Kabaena. Tingginya angka kasus ini menjadi perhatian serius.

“Dengan beroperasinya Rumah sakit ini, masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan jarak dalam mendapatkan perawatan medis. Keluhan tentang sulitnya akses dan risiko kesehatan selama perjalanan laut akan teratasi,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Darwin, menyambut baik pembangunan RS Pratama di Pulau Kabaena. Ia menyebutkan bahwa selama ini pelayanan kesehatan di Kabupaten Bombana terkendala oleh jarak dan keterbatasan fasilitas.

Darwin juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati dan jajaran pemerintah daerah yang telah mendukung terwujudnya pembangunan rumah sakit di Pulau Kabaena. “Ini adalah solusi nyata untuk berbagai masalah yang selama ini dihadapi. Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan tindakan cepat dari Pj Bupati dan seluruh jajaran,” ungkapnya.

Pembangunan RS Pratama di Pulau Kabaena ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan menjamin akses yang lebih mudah bagi masyarakat, khususnya dalam situasi darurat yang memerlukan penanganan segera.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *