Kebanggaan Edy Suharmanto Kibarkan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih di Bombana

Kibarkan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih di Bombana, Foto : istimewa

BOMBANANEWS.COM- Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih berhasil dikibarkan di Kabupaten Bombana dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024. Pengibaran bendera yang dilakukan dengan penuh khidmat tersebut menjadi salah satu momen paling istimewa di Bombana, mengingat peristiwa ini mengandung makna sejarah dan kebanggaan yang mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pengibaran bendera yang diiringi dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” berjalan lancar tanpa kendala. Para peserta upacara, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, menyaksikan prosesi ini dengan penuh antusiasme dan rasa haru. Tepuk tangan meriah pun mengakhiri prosesi pengibaran, menunjukkan apresiasi dan rasa bangga yang luar biasa dari para hadirin.

Edy Suharmanto, Penjabat (Pj) Bupati Bombana yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, menyatakan rasa bangganya setelah memimpin langsung pengibaran Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih. Dalam wawancara seusai upacara, Edy mengungkapkan bahwa kesempatan ini merupakan momen yang sangat istimewa baginya. Ia merasa terhormat dapat memimpin pengibaran bendera yang diterima langsung dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada 7 Agustus 2024 lalu.

Duplikat Bendera Pusaka tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPIP, Prof. Drs. Kh. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, kepada Pj. Bupati Bombana dalam sebuah upacara resmi di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 7 Agustus 2024. Penyerahan ini juga disaksikan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bombana, dr. H. Sunandar, M.Kes., serta perwakilan dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bombana.

Bacaan Lainnya
Klik Pada Gambar Untuk Mengakses Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2024 Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana.https://bombananews.com/pengumuman-pelaksanaan-pendaftaran-cpns-tahun-2024-di-lingkup-pemerintah-kabupaten-bombana/

Kegiatan penyerahan duplikat Bendera Pusaka ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para bupati dan wali kota dari seluruh Indonesia tersebut, Bendera Pusaka yang diserahkan diharapkan menjadi simbol semangat perjuangan dan inspirasi bagi masyarakat untuk terus menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan semangat kebersamaan dan kemajuan.

Peringatan HUT RI ke-79 di Kabupaten Bombana ini dipenuhi berbagai kegiatan yang mengingatkan pada sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia. Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih menjadi puncak acara yang sangat bermakna, menegaskan betapa pentingnya menghargai warisan perjuangan para pahlawan.

Edy Suharmanto juga menambahkan bahwa momen ini terasa semakin istimewa karena pengibaran duplikat bendera di daerah kembali terjadi setelah 55 tahun lamanya. Terakhir kali, peristiwa serupa terjadi pada 5 Agustus 1969 ketika Presiden Soeharto memberikan duplikat Bendera Pusaka kepada para gubernur dan kepala daerah di seluruh Indonesia.

“Pada tanggal 7 Agustus kami menerima langsung duplikat Bendera Pusaka dari BPIP, kemudian tanggal 8 Agustus kami bawa pulang ke Bombana dan tempatkan di Sekretariat Pemda Bombana. Hari ini, tepat pada 17 Agustus 2024, kami kibarkan. Tentunya, saya sangat bangga dan perasaan saya bercampur aduk sebagai Pj Bupati Bombana bisa mengibarkan langsung bendera ini,” ungkap Edy Suharmanto dengan penuh rasa haru dan bangga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *