Bangun Peran Bunda PAUD dan TP PKK Tingkat Kecamatan di Bombana

Pelantikan Bunda PAUD dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan di kabupaten Bombana.

BOMBANANEWS.COM-Penjabat (Pj.) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana, yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD, Aeni Mutmainnah, S.Pd., MM, lantik Bunda PAUD dan TP PKK tingkat kecamatan dalam sebuah acara meriah di Aula Tanduale, Kantor Bupati Bombana.

Pelantikan ini bertujuan untuk memperkuat peran TP PKK dan Bunda PAUD dalam pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) serta meningkatkan sinergi program-program pemberdayaan masyarakat. Dalam sambutannya, Aeni Mutmainnah menegaskan pentingnya peran Bunda PAUD Kecamatan untuk turut serta membangun ekosistem pendidikan yang sejalan dengan visi pemerintah daerah Kabupaten Bombana.

Dalam pesannya kepada Bunda PAUD yang baru dilantik, Aeni Mutmainnah berharap agar mereka mampu meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan pemerintah serta Bunda PAUD di tingkat kabupaten. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan dalam mempersiapkan Generasi Emas Kabupaten Bombana, dengan fokus pada pembentukan karakter anak usia dini sebagai modal utama dalam menghadapi masa depan.

“Kepada seluruh Bunda PAUD yang hari ini telah dilantik, agar dapat lebih meningkatkan intensitas dalam melakukan kordinasi dan komunikasi baik kepada pemerintah, maupun kami sebagai Bunda PAUD agar seluruh kegiatan dan program PAUD dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” ujarnya.

Bacaan Lainnya
Klik Pada Gambar Untuk Mengakses Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2024 Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana.https://bombananews.com/pengumuman-pelaksanaan-pendaftaran-cpns-tahun-2024-di-lingkup-pemerintah-kabupaten-bombana/

Untuk diketahui, TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dan Bunda PAUD memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD). TP PKK berfokus pada pemberdayaan keluarga, terutama dalam membangun kesadaran pentingnya pendidikan anak sejak dini. Keduanya berperan aktif dalam memfasilitasi kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pengasuhan yang mendorong orang tua untuk terlibat langsung dalam proses pendidikan anak. Hal ini penting karena peran keluarga dalam pendidikan usia dini menjadi dasar bagi perkembangan anak yang optimal, terutama dalam membentuk karakter, kepribadian, dan kecerdasan sosial anak.

Sementara itu. Tugas Bunda PAUD adalah mendorong kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan akses dan kualitas layanan PAUD. Sebagai ikon pendidikan usia dini, Bunda PAUD memiliki peran dalam membangun sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk memastikan bahwa program PAUD di daerah dijalankan secara optimal. Melalui pendekatan yang bersifat kolaboratif, Bunda PAUD juga menggerakkan kesadaran masyarakat dan mendorong partisipasi aktif dalam pengembangan PAUD.

Kolaborasi antara TP PKK dan Bunda PAUD dalam program PAUD dapat meningkatkan sinergi program pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan. Dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, lembaga sosial, dan orang tua, mereka bisa menjalankan program yang terpadu, seperti pelatihan parenting, pengembangan gizi anak, hingga pengasuhan yang berkualitas. Sinergi ini penting untuk mencapai tujuan pemberdayaan masyarakat yang lebih luas, di mana keluarga tidak hanya mendukung pendidikan anak, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi keluarga. Dengan demikian, TP PKK dan Bunda PAUD berperan sebagai penggerak utama dalam membentuk masyarakat yang lebih kuat dan berdaya melalui pendidikan usia dini yang berkualitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *