Tahun 2023, Tenun Motif Bombana Tampil di Ajang Fashion Week (IFW) dan Go Internasional

BOMBANANEWS.COM – Kinerja Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.Si bersama Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana Hj. Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos yang memberikan perhatian kepada perkembangan kebudayaan daerah patut diacungi jempol.

Pasalnya, Meski statusnya sebagai Penjabat sementara waktu saja, namun Kearifan-kearifan budaya daerah banyak dilirik pada ajang-ajang nasional bahkan internasional.

Diantaranya, Pada Awal Februari, Pj Bupati Bombana bersama Pengurus Deskranasda serta Dinas Pariwisata terbang ke Amerika untuk menampilkan tenun dan motif Moronene.

Melaui Dekranas Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara Produk dan Budaya Kabupaten Bombana di perkenalkan di negeri paman sam, Amerika Serikat oleh Ketua Dekranas Kabupaten Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa.

Bacaan Lainnya

Produk dan budaya Kabupaten Bombana ini di pamerkan dan diperkenalkan melalui Fashion and Art Festival (IFAF) yang menjadi event partner New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) di Kota Manhattan AS pada Februari 2023 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Bidang Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Munsir, SH. MH yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupatek Bombana, kepada awak media, Sabtu (25/03/2023), di Kendari.

Tidak hanya sampai disitu, Pj Bupati Bombana juga menghadiri sekaligus mengikuti Puncak Acara pagelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 yang resmi dibuka pada Rabu(22/2/2023), bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Pagelaran fashion terbesar di Tanah Air itu mengangkat Gorontalo sebagai inspirasi untuk tahun ini dengan mengusung tema “Sagara dari Timur”.

Pembukaan IFW 2023 dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan bahwa kontribusi produk-produk ekonomi kreatif Indonesia sudah masuk tiga besar dunia setelah Amerika dengan Holywood, Korea dengan K-Pop, dan Indonesia untuk Produk Ekonomi Kreatif.

Acara yang diinisiasi oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) tersebut berlangsung selama 5 hari, tepatnya mulai tanggal 22-26 Februari 2023. IFW diikuti oleh 300 desainer lokal dari berbagai daerah di Tanah Air termasuk salah satunya dari Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara yang ditampilkan langsung oleh Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana, Hj.Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos (Admin/HR)

Pos terkait