Peringati Hari Lahir Pancasila, HIPMAB Kolaka Gelar Dialog Kebangsaan

BOMBANANEWS.COM-Himpunan Mahasiswa Bombana (HIPMAP) Kolaka dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024.

Kegitan ini diselenggarakan di Tribun RTH Kelurahan Boepinang Barat, Kecamatan Poleang, Kabupaten Bombana pada Sabtu malam (1/6/24).

Tema yang diangkat yakni “Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara atau Pancasila Sebagai Selimut Penyimpangan.”

Menurut Rivat selaku formatur ketua umum HIPMAB Kolaka periode 2024-2025, terealisasinya kegiatan ini di karenakan banyaknya persepsi yang berbeda terhadap pancasila dalam penerapannya. Selain itu, kegiatan ini bertujuan mengasah kembali pemahaman pemuda terkait dengan nilai-nilai Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk dapat mendobrak kembali semangat dan kreativitas teman-teman dalam berlembaga. Karena saya melihat setiap momentum besar, hari-hari nasional terlewatkan begitu saja dengan hanya menyebar pamflet dengan ucapan yang minim nilai perjuangan di dalamnya. Dimana letak kreativitas mahasiswa?” Tegas Rivat dalam sambutannya.

Narasumber yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut yakni Ferdyan Syah yang merupakan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Gowa Raya, Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK), Federasi Rakyat Indonesia (FRI) sekaligus sekretaris umum Ikatan Mahasiswa Pelajar Indonesia Bombana (IMPIB) Makassar. Sedangkan narasumber kedua yakni Ifan Isyunandi, merupakan aktivis senior Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Jaringan Aktivis Filsafat Islam (JAKFI) Nusantara.

Pada pembukaan kegiatan tersebut, kader HIPMAB Kolaka mempersembahkan beberapa peanampilan seperti puisi kebangsaan, pidato, orasi ilmiah dan tari pelajar pancasila. Hingga akhir, dialog kebangsaan tersebut berjalan dengan lancar.

Pos terkait