Pemda GAUL, Upaya Menjaga Stabilitas Pangan di Bombana

Pemda GAUL, Upaya Menjaga Stabilitas Pangan di Bombana, Foto/Istimewa

BOMBANANEWS.COM-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Badan Pangan Nasional, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bombana menggelar Gerakan Pangan Murah Keliling (GAUL) dengan mengusung tema “Sinergi bersama menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi tetap rendah dan stabil”, Senin 29/7/2024.

Dalam sambutannya, Edy Suharmanto menekankan pentingnya program GAUL sebagai langkah strategis untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan dengan harga terjangkau. “GAUL diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh pasar konvensional,” ungkapnya. Pernyataan ini menggarisbawahi komitmen pemerintah daerah dalam mendukung ketersediaan pangan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam membantu masyarakat agar bisa membeli bahan pangan yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun harga beberapa komoditas pangan pokok, terutama beras, mengalami kenaikan, kondisinya tetap relatif stabil berkat musim tanam periode April hingga September.

Menurut laporan TPID Kabupaten Bombana, stok beras di wilayah tersebut relatif aman, termasuk stok yang ada di gudang Bulog. Indeks Perkembangan Harga (IPH), yang merupakan indikator kinerja upaya pengendalian inflasi daerah pada komoditas pangan, menunjukkan nilai yang baik di Kabupaten Bombana. Komoditas yang memberikan pengaruh terhadap IPH termasuk daging sapi (-1.1345), cabai merah (-0.4675), dan udang basah (-0.4498).

Bacaan Lainnya

Di akhir sambutannya, Pj. Bupati Bombana menghimbau agar para ibu rumah tangga yang hendak berbelanja dalam GAUL menggunakan sendiri komoditas bahan pangan yang dibeli dan bukan untuk dijual kembali. Beliau berharap kegiatan ini dapat benar-benar membantu masyarakat yang membutuhkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Acara launching GAUL disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Lantari Jaya. Sejumlah warga mengapresiasi inisiatif ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap kesejahteraan rakyat. Mereka merasa terbantu dengan adanya program ini, yang menyediakan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Selain penyediaan pangan murah, kegiatan ini juga diwarnai dengan penyaluran bantuan hand traktor dan mesin pompa air kepada kelompok tani di Kecamatan Lantari Jaya. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan daerah.

Pos terkait