Menuju Istana, Debat Capres Adu Gagasan Untuk Indonesia

Tiga Pasangan Calon Presiden RI Pemilu 2024-2029. Foto/Istimewa

Nasional, BombanaNews.com – Debat kandidat peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 pertama akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12/2023), mulai pukul 19.00 WIB.

Debat dihadiri tiga pasangan calon, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Meskipun ini debat calon presiden, calon wakil presiden juga hadir mendampingi.

Tema debat pertama mencakup Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Ketua KPUD Hasyim Asy’ari dalam keterangan persnya menyatakan debat capres akan berlangsung selama 150 menit, dengan durasi debat total 120 menit dibagi menjadi enam segmen; sisanya, 30 menit, untuk pariwara.

Bacaan Lainnya

“Debat Capres ini dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui saluran berita televisi secara langsung,” Ujarnya.

Adapun Rundown Debat Capres Pertama, Yakni

Segmen I

Pembukaan debat dengan pembacaan tata tertib oleh moderator, Ardianto Wijaya, dan Valerina Daniel, news anchor TVRI. Setiap capres mendapatkan waktu 4 menit untuk memaparkan visi-misi dan program.

Segmen II dan III

Pendalaman visi dan misi dengan 18 pertanyaan dari 11 panelis, di mana capres dapat saling berinteraksi atau menyampaikan sanggahan.

Segmen IV dan V

Tanya jawab dan interaksi antara calon dengan proses pertanyaan, tanggapan, serta lontaran pertanyaan dari satu pasangan calon kepada yang lain.

Segmen 6

Penyampaian pernyataan penutup dari masing-masing capres sebagai sesi terakhir debat.

 

Penulis : Hir

Pos terkait