Mengenal DR. Yurisman Star Pejuang Kebudayaan

Mengenal DR. Yurisman Star Pejuang Kebudayaan. Namanya tidak asing bagi para pejuang kebudayaan Nusantara. Khusus di Jazirah Tenggara Sulawesi, ia meroket pasca penganugerahan kepada ketua DPD RI, A. A. Lanyalla Mahmud Mattaliti sebagai bagian inti dari Kerajaan Tokotua-Kabaena dengan Gelar Kehormatan Mbue La Somba Sangia Tontontari, medio November 2020 lalu.

“Penganugerahan itu merupakan ‘Tabuh Perang’ yang terus mendengung untuk bersama-sama kerajaan dan kesultanan terlibat langsung dalam sistem ketatanegaraan,” cetusnya disela obrolan kami.

Yurisman, (Star Yurisman ) demikianlah namanya yang saat ini tengah menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Adat dan Kebudayaan Kerajaan Nusantara dibawah sub kerja DPD RI.

Sebagai Pabitara Kerajaan Tokotua Kabaena, Yurisman merasa selalu mendapat perlindungan dari Maha Pelindung melalui arwah para leluhur di negeri berlayar batu itu.

Bacaan Lainnya

“Leluhur saya dari Kabaena dan saya kembali bersama Masyarakat Adat Kotua Kabaena untuk memajukan negeri SANGIA itu,” imbuhnya.

Yurisman yang kelahiran Lampung 1973 lalu, merupakan lulusan S3 UNIV. SATYAGAMA, S2 UNIV. SATYAGAMA, S1 STIE YKPN, YOGYAKARTA, SMAN 11, SMPN dan SDN 19 BENGKULU, bertekad membangkitkan kembali semangat membangun negeri melalui pilar kebudayaan.

Di organisasi, ia memiliki riwayat yang cukup mumpuni diantaranya sebagai Ketua BARISAN MERAH PUTIH, 1999, KETUA LASKAR TARUNA AMPERTA 66, KETUA UMUM 1999, DPP FKB KAPPI 66, BENDAHARA 1999, HMI KOMISARIAT STIE YKPN, YOGYAKARTA, ANGGOTA 1994 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI STIE, YKPN, YOGYAKARTA

Rentang perjalananan yang demikian panjang, kini DR. YURISMAN baru saja kembali dari Negeri Jiran. Yang dilakukannya di negeri itu, selain sebagqi utusan DPD RI, juga adalah atas nama Kerajaan Nusantara (inklude Kerajaan Kotua), dalam rangka membangun kerjasama investasi di beberapa sektor seperti Perhubungan, Perkebunan, Pertanian, Tambang, Kesehatan dll.

“Salah satu hasil yg kami perjuangkan, Insya Allah dalam waktu dekat, Speedboard Kerajaan Kotua dan Kapal Feri untuk rute Dongkala Kasipute, akan segera terwujud,” tutupnya.

(Rilis)

Pos terkait