Masyarakat Bombana Laksanakan Sholat Istisqo Minta Hujan

Rumbia, BombanaNews.com–Dalam menghadapi musim kemarau yang panjang dan suhu panas yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bombana, Pemerintah Kabupaten Bombana bersama masyarakat setempat menggelar Sholat Istisqo (Sholat meminta hujan) di Alun-alun Masjid Agung Nurul Iman, Kamis (19 Oktober 2023).

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Forkopimda Bombana, Para Kepala Perangkat Daerah, serta Camat, Lurah, dan Kepala Desa wilayah Rumbia dan Rumbia Tengah, serta berbagai tokoh masyarakat, pemuda, dan adat.

Kekeringan yang terjadi akibat musim kemarau telah menimbulkan bencana kekeringan dan kesulitan pasokan air bersih, yang berdampak negatif pada petani dan sektor pertanian setempat. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj. Bupati Bombana, Sekretaris Daerah Drs. Man Arfa, M.Si mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam doa dan munajah kepada Allah SWT agar hujan segera turun dan Kabupaten Bombana terhindar dari ancaman kekeringan.

Sekda Man Arfa menjelaskan, “Tiada kekuatan yang ampuh selain dari kekuatan doa dan memohon kepada Allah SWT. Saya mengajak kita semua untuk sholat dengan khusuk, mendengarkan ceramah, serta berikhtiar agar hujan segera diturunkan dan kita terhindar dari ancaman bencana kekeringan.”

Bacaan Lainnya

Selain menjadi momen meminta hujan, Sholat Istisqo juga menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah antara Pemerintah dan masyarakat setempat. Acara ini juga bertujuan untuk menjaga kerukunan beragama, persatuan, dan kesatuan di wilayah masing-masing, terutama dalam menghadapi pergelaran Pilkada dan Pilcaleg tahun 2024 mendatang.

Di akhir sambutannya, Sekretaris Daerah Man Arfa berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk melaksanakan Sholat Istisqo. Ia menekankan pentingnya istighfar (minta ampun) dan taubat, berharap agar Allah SWT mengampuni segala kesalahan masyarakat dan mengakhiri cobaan yang hadapi.

“Semoga Allah SWT segera mengirimkan hujan dan mengembalikan kehidupan ke keadaan normal,” Pungkasnya.

Penulis : Hir

Pos terkait