Kenali Produk Ungggulan Desa Analere

BOMBANANEWS.COM – Dalam upaya meningkatkan perekonomian rumah tangga di daerah, Pj Bupati Bombana, Buhanuddin terus menggelorakam program satu desa satu produk.

Dengan harapan, Masyarakat Bombana mengurangi daya konsumtifnya terhadap produk dari luar daerah, khususnya dari hasil pertanian.

Untuk mendukung program one village one produk ini, Pemerintah Desa Analere Kecamatan Poleang Barat mendapatkan produk unggulan yang diolah dengan bahan mentah alami atau banyak tumbuh disekitar, seperti Kelapa Sawit, Minyak Nilam, Jahe Merah, Kunyit, temu lawak dan gula merah.

Bacaan Lainnya

Sudirman, Kepala Desa Analere, mengatakan sebagai bentuk dukungan terhadap program satu produk satu desa ini, Lahan tidur dan pekarangan rumah menjadi potensi yang sangat luar biasa untuk dimanfaatkan.

“Kami gunakan lahan tidur dan pekarangan rumah, produknya juga sudah bisa dinikmati. Alhamdhulillah bisa menambah nilai beli terhadap hasil pertanian,” jelasnya.

Adapun produk yang bisa ditemukan diantaranya adalah buah kelapa sawit, minyak nilam siap pakai untuk minyak oles dan urut selain itu hasil dari produksi rumput nilam juga dapat berupa serbuk yang harganya hingga jutaan rupiah.

Sedangkan untuk bahan-bahan minuman dan sajian bisa ditemukan di Desa Analere ini seperti jahe merah yang sudah diolah menjadi serbuk, kunyit rasa mangga, sari temu lawak dan gula arena.

Pos terkait