Dinas Kominfo Luncurkan Dua Layanan Inovasi “SILDA-GRASI dan LANGIT TERTATA ELOK

BOMBANANEWS.COM – Melalui Aksi Perubahan Tahun 2022, Dinas Kominfo Luncurkan Dua Layanan digital “Silda-Grasi dan Langit Tertata Elok hasil inovasi dan gagasan terbaru oleh 2 (dua) Bidang.

Yakni Bidang Persandian oleh Sarman, SP, M. Si yang menciptakan aplikasi layanan Langit Tertata Elok (Layanan Digital Terintegrasi Tanda Tangan Elektronik) dan Silda-Grasi ( Sistem Informasi Pelayanan Data Terintegrasi) oleh Nasriadi, S.IP, Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bombana.

Sebagai Reformer, Nasriadi, S.IP, Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo menjelaskan aksi perubahan ini akan meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam menggerakkan Staf dan pejabat pengawas dalam menyiapkan data sektoral untuk kepentingan perencanaan dengan penyiapkan data yang Akurat.

Hal ini berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Bombana Nomor 3 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bombana, dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Bombana No. 39 Tahun 2016 tentang Susunan dan Kedudukan Organisasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bombana, sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyelenggarakan urusan pemerintahan bersifat wajib dan non pelayanan dasar sesuai urusan dan kewenangan di bidang Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian Menyediakan Layanan data yang terintegrasi kepada Opd yang terkait, sehingga proses pengambilan data dapat dibutuhkan dan mudah untuk diakses.

Bacaan Lainnya

“Silda-Grasi, Semua stakeholder dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkan secara cepat, dengan aksi perubahan Silda-Grasi ini, masyarakat akan terbantu dalam mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan karena disajikan secara realtime dan dapat diakses dimana saja berada,” Jelasnya.

Selain itu, ada juga Platform Layanan Digital Terintegrasi Tanda Tangan Elektronik yang sudah existing dan akan dikembangkan, Aplikasi“Langit Tertata Elok juga dapat mendukung terwujudnya implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan optimal dalam rangka mewujudkan Bombana Smart City serta layanan SPBE yang bersifat adaptif dan responsif terhadap kebutuhan kustomisasi layanan yang diinginkan oleh pengguna.

“Aksi perubahan ini sangat mendukung peningkatan kemampuan kepemimpinan yang inovatif serta manajemen strategis dalam pelaksanakan tugas sebagai Kepala Bidang Persandian, Meningkatkan kemampuan menjadi pelopor perubahan. Efesiensi waktu, tempat bahkan biaya pelaksanaan pelayanan administrasi dan tatakelola persuratan institusi pemerintah atau Lembaga lainnya sesuai dengan transformasi digital organisasi, Meningkatnya kualitas layanan publik pemerintahan yang cepat melalui layanan digital,” Jelasnya.

Pos terkait