Ali Mazi Dapat Gelar Mokole Da’telele Hai Lipu, Pehawa’o Wonua Dari Lembaga Adat Kerajaan Moronene Pauno Rumbia

BOMBANANEWS- Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, SH mendapatkan gelar Mokole Da’telele Hai Lipu, Pehawa’o Wonua oleh Lembaga Adat Kerjaan Moronene Pauno Rumbia.

Secara ritual adat yang digelar di Aula Tanduale Kantor Bupati Bombana Ali Mazi mendapatkan gelar Da’telele Hai Lipu, Pehawa’o Wonua pada Sabtu (11/3/2023)

Dalam istilah Moronene, Mokole Da’telele Hai Lipu, Pehawa’o Wonua berarti Bangsawan yang Tersohor di Negeri, Menyayangi Daerah.

Sekjen Lembaga Adat Kerajaan Moronene Pauno Rumbia, Jinar Ariadi mengatakan, Pemberian gelar terhadap Ali Mazi Gubernur Sultra atas sikap perhatiannya terhadap kebudayaan Moronene seperti dianggap berjasa terhadap pemajuan kebudayaan Suku Moronene yakni

Bacaan Lainnya

Penggunaan baju sentuhan deerah maupun Taali/ikat kepala sebagai Uniform ASN pemprov termasuk juga Baju dan Ikat kepala Suku Moronene, sampai saat ini. Menempatkan Putra Putri Moronene pada beberapa Jabatan Strategis di lingkungan Pemprov Sultra dan Pembangunan berbagai Infrastruktur dikabupaten Bombana, yang semakin terlihat yang tidak terlepas dari kebijakan-kebijakannya selama menjabat sebagai Gubernur Sultra. (Red)

Pos terkait